Manfaat Tanaman didalam Rumah

Taukah Anda bahwa tanaman mempunyai banyak manfaat? Ternyata tidak hanya tanaman yang ada diluar rumah yang mempunyai manfaat, tetapi begitu pula tanaman yang ada didalam rumah. Tanaman selain bisa mempercantik sudut-sudut rumah Anda, juga bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan Anda.

Seperti yang dilansir TRIBUNnews.com dari Homemassive.com, tim peneliti di National Aeronautics and Space Administration (NASA) menyebutkan bahwa tanaman dapat berfungsi untuk menyaring polusi-polusi atau debu yang berterbangan didalam rumah. Selain itu, zat-zat alami yang terkandung didalam tanaman diyakini dapat memberikan efek kesehatan pada tubuh Anda. Untuk hasil yang maksimal, NASA menyarankan agar Anda menaruh 6 sampai 10 tanaman didalam rumah.

 

Berikut beberapa manfaat kesehatan menaruh tanaman didalam rumah:

 

1. Menghindari Flu

Tanaman didalam rumah dapat meningkatkan kelembapan didalam rumah dan mengurangi debu di udara, ini akan mengurangi resiko Anda terserang flu sampai dengan 30%

 

2. Melembabkan Kulit

Dikarenakan tanaman melembabkan udara, secara otomatis tanaman juga dapat melembabkan kulit Anda, kelembaban kulit yang baik selain dapat membangun elastisitas kulit juga dapat membuat kita terhindar dari penuaan dini.

 

3. Membuat Tidur Nyenyak

Karbondioksida yang dikeluarkan tanaman setelah proses fotosintesis, akan membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak.

 

4. Menghilangkan Stress

Tanaman akan membantu Anda untuk merasa lebih tenang dan optimis karena zat alami yang dikeluarkan tanaman.

 

5. Menghilangkan Sakit Kepala

Kemampuan tanaman menghasilkan oksigen dan menurunkan kadar karbondioksida dapat membantu Anda mendapatkan udara segar, tanaman juga dapat menghilangkan bebauan apek yang biasanya menyebabkan sakit kepala.

 

6. Mengurangi Alergi pada Anak

Apabila Anda mendekatkan anak Anda pada berbagai macam tanaman, itu akan membantu mengekspos mereka pada tanaman yang mungkin akan menyebabkan mereka alergi, hal ini dapat membantu membangun kekebalan terhadap anak Anda.

 

7. Melancarkan Penyumbatan

Beberapa tanaman seperti eukaliptus dapat membersihkan dahak dan penyumbatan disekitar hidung. Tanaman-tanaman tersebut dapat membantu membuka bagian-bagian bronkiolus lalu membersihkannya saat flu dan bronkitis menyerang. Hiruplah tanaman ini sebagai antiseptik alami saat flu.


Nah, diatas merupakan manfaat-manfaat tanaman jika Anda menaruh tanaman didalam rumah. Semoga bermanfaat :)